3.30.2010

Kontrol Rutin Ke-5

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ini menunjukan usia kehamilan gw udah 5bln.. Alhamdulillah...
Alhamdulillah karna kondisi si ibu (gw) sehat...
Alhamdulillah karna kondisi si janin sehat...
Walopun kata dokternya sekarang dia lg sungsang... Kepala di atas, kaki di bawah...
Mungkin karna masih banyak gerak dia...
Walhasil, gw pun dianjurkan untuk melakukan:
  1. Abis Sholat, tambahin gerakan sujud 5menit... (Ini menandakan gw emang musti banyak2 sujud.. Si janin emang pengennya sujud terus kali ni sama Sang Maha Pencipta)
  2. Kata orang si gerakan ngepel jongkok itu juga boleh dilakuin...
  3. Jangan banyak jalan... (Menandakan gw jangan sering jalan2 klo Sabtu-Minggu ma abinya.. Mending dirumah...)
  4. Banyak minum air, supaya air ketubannya banyak n si janin bisa asik berenang2 n bergerak di rahim n bisa pindah ke posisi yg seharusnya...
Saat ditensi hari ini, darah gw bertekanan 110/70... normal si.. tapi entah mengapa, kata bu dokter ya, ini masih rendah untuk kasus ibu hamil... makanya, banyak2 makan makanan yang mengandung zat besi...
Seperti:
  1. Sayuran yg ijo2.. (Daun singkong itu bagus sekali katanya...)
  2. Ikan
  3. Telur
ya gt2 deh....
padahal, klo menurut gw sendiri.. selama ini gw juga slalu jaga asupan nutrisi yg masuk ke dalam tubuh gw slama hamil.. gw uda sering makan makanan yg dianjurkan bu dokter.. except daun singkong emang... Okelah, mulai hari ini, besok dan seterusnya.. gw akan makan lebih banyak sayur n ikan... supaya anak smart jg si katanya... :)

Asumsi gw yg lain adalah, sebenarnya kondisi qta sebelum kontrol ke dokter sangat amat menentukan pada proses pemeriksaan dokter hari itu juga...
emang, hari ini sebelum brangkat ke dokter gw ngantuk n capek...
coz, mau nyiapin perlengkapan buat tukang yg benerin kran buat mesin cucay baru...
Samsung WA95F4.. haha..

Dengan kondisi kek gt, sepertinya ga menutup kemungkinan tekanan darah gw 110/70...

Hmm.... lagi2 pas dilihat, anak gw ini cowok kata dokternya sambil nunjuk ke monitor USG yg biasa buat periksa bulanan dengan menunjuk ke bakal "penis"nya... Wallahualam...
Hanya ALLOH yg tau kepastiannya apa...
entah pas keluar laki2 ato perempuan...
MAnusia hanya bisa berharap n berdo'a... :)

Satu lagi, kata ibu gw yang kebetulan td nemenin gw... Beliau melihat monitor USG, dan ngomong ke gw kalo si bayi tadi kayaknya mirip bowo deh ntar...
coz, pipi n kepalanya koq kaya bowo. gt katanya... haha.. tp tinggi kayanya.. badannya panjang.. gt... lagi2 saya hanya bisa menjawab Wallahualam.. :)

Saat pemeriksaan ke-5 kalinya hari ini, dokternya nanya,
dokter : apa sebelum n sesudah nikah udah pernah di imunisasi blm??
gw : imunisasi apa ni dok??
dokter : ya imunisasi kaya tetanus,dsbnya...
gw : oo..blm.. emang perlu ya dok?? knp si??
dokter : ya perlu.. buat jaga2 aja..

n ga lama gw pun disuntik di bagian pantat, yg ternyata benar imunisasi (vaksin) tetanus... (pas gw liat di kwitansi pembayaran si...)

untuk pemeriksaan yg sekarang jg, gw dapet variasi suplemen makanan yg beda dari bulan2 yg sebelumnya.. emang kayanya tiap bulan variasi suplemen makanan beda2 ya...
Bulan ini juga gw disuruh cek darah... berhubung ga lama gw pernah sakit DBD, n hasil lab darahnya masih lumayan akurat, so ga usah cek darah lagi..
yang belum cuma cek Hb-nya aja, kata dokternya sel darah merah gw kayanya kurang...

Pas gw cek di suster labnya, apa si kegunaan cek darah buat ibu hamil kek gw??
trus, dia jelasin klo cek darah itu perlu... buat ngetahuin kondisi fungsi ginjal, hati n organ dalam gw berfungsi dengan baik ato ngga... gt... yang nantinya juga ngaruh ke bayinya... 0ooooo.....
bulan ini gw dapet suplemen makanan:

1.Ferofort
  • Mengandung zat besi sehingga suplemen ini ditujukan untuk mencegah anemia defisiensi zat besi yang sering terjadi pada kehamilan.
  • Di dalam ferofort sendiri pun selain zat besi juga terkandung beberapa jenis vitamin B, vitamin C, dan mineral

  • Multivitamin yang biasanya dikasih saat usia kandungan udah 3 bulan ke atas.
  • Kandungannya, ada Kalsium Fosfat, Kalsium Laktat, Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin D3
  • Berguna untuk membantu ibu hamil yang kekurangan kalsium dalam tubuh
3. Nulacta plus untuk Ibu
  • Suplemen makanan yang mengandung DHA, sehingga baik untuk perkembangan syaraf n otak janin.





    No comments:

    Post a Comment